Rabu, 05 September 2012

Pengertian dan Karakteristik Kehidupan Pribadi



Pada hakikatnya, manusia merupakan pribadi yang utuh, khas, dan memiliki sifat-sifat sebagai makhluk individu. Dalam kehidupannya terdapat kebutuhan yang diperuntukkan bagi kepentingan pribadinya. Kebutuhan pribadi ini meliputi kebutuhan fisik dan kebutuhan sosiopsikologis. Dalam pertumbuhan fisiknya, manusia memerlukan daya tahan tubuh untuk perlindungan keamanan fisiknya. Kondisi fisik yang sehat amat penting dalam perkembangan dan pembentukan kepribadian seseorang.
Kehidupan pribadi individu merupakan kebutuhan yang utuh dan memiliki ciri yang khusus atau unik. Kehidupan pribadi seseorang menyangkut berbagai aspek, antara lain aspek emosional, sosial psikologis, sosial budaya, dan kemampuan intelektual yang terpadu secara integratif dengan faktor lingkungan kehidupannya. Pada awal kehidupannya, dalam rangka menuju pola kehidupan pribadi yang lebih matang, individu akan berupaya untuk hidup mandiri, dalam arti mampumengurus diri sendiri dengan mengatur dan memenuhi kebutuhan serta melaksanakan tugas dan tanggung jawabnyasehari-hari. Untuk itu, diperlukan kemampuan untuk menguasai situasi dalam menghadapi berbagai rangsangan yang dapat mengganggu kestabilan dirinya.
Kekhususan kehidupan pribadi memiliki makna bahwa segala kebutuhan dirinya memerlukan pemenuhan yang terkait dengan masalah-masalah yang idak dapat disamakan dengan individu-individu lainnya. Selain itu, dalam kehidupan pribadi diperlukan keserasian antara kebutuhan fisik dan nonfisiknya. Kebutuhan fisik, misalnya seseorang perlu bernafas lega, perlu makan enak, minum cukup, kenikmatan, kebahagiaan, keamanan, dan sebagainya. Berkaitan dengan aspek sosio-psikologis, setiap pribadi membutuhkan kemampuan untuk menguasai sikap dan emosinya serta sarana komunikasi untuk bersosialisasi. Hal itu akan tampak secara utuh dan lengkap dalam bentuk perilau dan perbuatan yang mantap. Dengan demikian, masalah kehidupan pribadi merupakan bentuk integrasi antara faktor fisi, sosial budaya dengan faktor psikologis .
Seorang individu juga membutuhkan pengakuan dari pihak lain tentang harga dirinya,baik dari keluarganya sendiri maupun dari masyarakat pada umunya. Ia mempunyai harga diri dan berkeinginan selalu mempertahankan harga diri tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar